Inilah Faktor Utama Kenapa Diet Kamu Selalu Gagal

Mempunyai tubuh langsing pastinya menjadi dambaan bagi setiap wanita. Akan tetapi, banyak dari mereka yang menjalani berbagai cara diet yang instan, yang malah akan menyiksa diri mereka sendiri.  Lagipula, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seharusnya disesuaikan dengan kondisi tubuh.

penyebab gagal diet

Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang sulit diet. Diantaranya adalah hormon seseorang, pola tidur, hingga gaya hidup. Berikut ulasannya mengapa kamu sulit untuk menurunkan berat badan :

1. Masalah Pada Hormon


hormon penyebab gagal diet

Hormon merupakan salah satu penyebab berat badan susah turun. Padahal, mungkin saja kamu merasa sudah melakukan program diet ketat. Pada kenyataannya, hormon pada setiap orang berbeda-beda.

Ada hormon tertentu dapat menyebabkan lambatnya kinerja metabolisme, bahkan ada beberapa hormon yang mampu menambah berat badan pada tubuh. Pengaruh dari stres pun akan mengacaukan hormon seseorang. Akhirnya dapat mengganggu metabolisme tubuh.

2. Cara Diet yang Salah


cara diet yang salah

Banyak yang keliru tentang diet. Mereka menganggap hanya dengan menahan lapar selama berhari-hari dapat menurunkan berat badan. Benar jika kamu ingin diet maka kamu harus mengurangi kebutuhan kalori sehari-hari.

Akan tetapi hanya menahan lapar bukanlah cara yang tepat agar cepat menurunkan berat badan. Ada baiknya kamu mengatur pola makan sehari-hari agar dietmu dapat lebih optimal.

Dalam beberapa kasus, jika seseorang melakukan diet secara ekstrim akan merangsang nafsu makan seseorang. Alhasil, kamu pun tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Maka dari itu, lebih baik menurunkan berat badan dengan cara yang benar walaupun turunnya perlahan, daripada melakukan diet ekstrim akan tetapi justru menambah resiko penyakit.

3. Jarang Olahraga


olahraga penyebab gagal diet

Pada dasarnya olahraga baik untuk kesehatan. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, tetapi kamu justru mengabaikan olahraga tentu saja hasil yang didapatkan pun tidak akan optimal.

Sebaiknya mulai dari sekarang kamu perlu berolahraga. Sebab, dengan olahraga dapat mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh. Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Selain kamu dapat menurunkan berat badan, olahraga adalah salah satu bagian dari pola hidup sehat yang membuat tubuhmu akan terhindar dari resiko penyakit yang disebabkan oleh timbunan lemak tersebut. Yang pasti akan banyak keuntungan yang kamu dapat jika rutin berolahraga.

4. Tidur yang Tidak Teratur


kurang tidur penyebab gagal diet

Biasanya banyak rang yang mengabaikan kualitas tidur yang baik. Padahal kualitas tidur yang rendah akan menjadi salah satu penyebab gagalnya diet. Jam tidur yang baik adalah 7 sampai 8 jam setiap hari.

Usahakan tidur jangan terlalu malam dan bangunlah pada pagi hari sebelum jam 6. Memiliki kualitas tidur yang baik dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh sehingga dapat bekerja lebih optimal.

Lalu hindari tidur pada sore hari, karena nantinya kamu akan sulit tidur ketika di malam hari. Ketika kamu sulit tidur, kamu pun akan melakukan aktivitas yang memaksamu untuk tidur. Salah satunya adalah ngemil.

Kalau kamu senang ngemil, lebih baik hindari juga kebiasaan ngemil sebelum tidur. Atau jika tidak, siap-siap saja berat badanmu akan semakin bertambah.

5. Mudah Stres


stres penyebab gagal diet

Masalah psikis yang mudah stres akan menyebabkan terganggunya metabolime tubuh. Karena terganggunya metabolisme inilah yang menyebabkan tubuhmu tidak memiliki kemampuan yang optimal untuk membakar kalori, gula, dan juga lemak.

Stres juga akan menyebabkan hormonmu keliru mengenali rasa lapar. Hormon yang terganggu akan memberikan sinyal ke otak dan membuatmu bingug menentukan haus atau lapar. Sehingga kamu pun secara tidak sadar akan menanggapi sinyal tersebut dengan terus makan makanan yang berkalori tinggi.

Maka dari itu, mulailah tenangkan diri untuk menghilangkan stres. Pergilah berlibur ke tempat yang kamu sukai, atau mengobrol dengan sahabat untuk mencurahkan isi hatimu. Jangan sampai pikiran negatif menyerang kesehatanmu.

6. Tidak Konsisten


tidak konsisten penyebab gagal diet

Banyak orang yang semangat ingin menurunkan berat badan di awalnya saja. Hari pertama masih bergairah, Hari kedua tetap semngat, hari ketiga masih ada keinginan, hari keempat sudah mulai bosan, hari kelima dan seterusnya lupa kalau sedang dalam program diet. Alhasil, tujuanmu untuk diet justru akan gagal.

Sebenarnya, sulit mendapatkan sesuatu yang instan, akan tetapi rata-rata orang hanya ingin mendapatkan sesuatu dengan cara yang cepat. Makanya motivasi dari dalam diri sendiri sangat dibutuhkan untuk melancarkan program dietmu.

Ingatlah tujuan dietmu, dan buatlah tujuan ini terus terngiang di dalam pikiranmu. Yang terpenting dari motivasi ini adalah, ketika kamu teringat apa tujuanmu, kamu harus melakukan semua strategi diet yang sudah kamu buat. Dengan kamu mengingat tujuanmu, semangatmu pun akan terus berkobar agar tetap konsisten menjalani aktivitas dietmu.


Kesimpulan


Sebenarnya untuk menjalani program diet dibutuhkan motivasi serta cara yang benar. Jangan menyiksa dirimu dengan cara diet yang salah. Kamu pun harus menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga kondisi psikis agar tidak mudah stres. 

Intinya, kunci sukses program dietmu adalah kurangi asupan kalori, akan tetapi jangan lupakan kesehatan rohani dan jasmani.
Previous
Next Post »