7 Macam Obat Batuk Berdahak Dari Herbal Alami

Sering kali kita merasa risih dengan batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Sebenarnya batuk berdahak bukanlah penyakit, batuk berdahak adalah cara tubuh melindungi diri dari berbagai faktor, seperti peradangan (inflamasi) atau infeksi virus pada pernapasan yang menyebabkan produksi dahak menjadi lebih banyak.

Walaupun batuk berdahak terkesan sepele, namun akan ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kamu ingin menyembuhkan batuk, maka bisa kamu obati dengan resep dari dokter. Akan tetapi, jika kamu takut dengan bahan-bahan kimia kamu juga dapat menyembuhkan batuk berdahakmu dengan alternatif obat batuk berdahak yang tradisional.

Lalu, Bagaimana cara mengobat batuk bedahak? apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? simak tips berikut ini :

1. Jeruk Nipis


jeruk nipis merupakan salah satu cara mengobati batuk berdahak

Air perasan jeruk nipis mengandung minyak astiri serta zat lainnya yang dapat memperbaiki otot-otot pernapasan sehingga dapat meredakan batuk berdahak. Ramuan yang paling mudah dibuat adalah campuran air jeruk dengan kecap.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup peras jeruk nipis dengan takaran satu sendok makan ke dalam gelas, lalu campurkan kecap manis secukupnya. obat alami ini pun siap diminum. Lakukan ini 3 kali setiap hari hingga batuk berdahakmu reda.

Perlu diketahui, penggunaan kecap manis hanyalah sebagai penetralisir rasa asam pada perasan jeruk nipis, jadi tuangkan seukupnya saja. Jika kamu tidak suka dengan kecap, bisa kamu gantikan dengan campuran madu.

2. Daun Kemangi


daun kemangi dapat dijadikan obat batuk berdahak tradisional

Daun kemangi mempunyai wangi yang khas yang dapat mengatasi bau mulut serta banyak khasiatnya untuk kesehatan yang salah satunya adalah sebagai ramuan penyakit batuk berdahak. Bahkan jika kamu sedang pilek, kamu dapat menggunakan daun kemangi untuk mengobati pilekmu.

Cara meracik ramuan daun kemangi adalah dengan cara merebus 2-3 lembar daun kemangi bersama dengan 1-2 gelas air putih. Minumlah ramuan ini supaya tenggorokan terasa lebih lega dan batuk berdahak cepat sembuh.

3. Daun Sirih


sirih merupakan obat batuk berdahak alami

Di beberapa desa ada kegiatan nyirih atau mengunyah daun sirih. Mereka percaya dengan mengunyah daun sirih akan bermanfaat untuk kesehatan.Tentu saja ini bukanlah mitos, nyatanya daun sirih dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, iritasi mata, hingga dapat menyembuhkan batuk berdahak.

Cara membuat ramuan daun sirih ialah dengan cara ambil 4 sampai 5 lembar daun sirih. Kemudian rebus dengan 2 gelas air. Tunggulah sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas air. Minum ramuan ini dengan rutin sekiranya 3 kali sehari hingga batuk berdahak sembuh.

4. Jahe

 

jahe obat alami batuk berdahak

Jahe merupakan rempah-rempah nusantara yang paling mudah didapatkan dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang tentu saja dapat mengobati batuk berdahak. Kandungan Gingerol pada jahe inilah yang dapat mengurangi batuk berdahak.

Cara membuat ramuan jahe yang sangat simpel adalah dengan merebus setengah rimpangan jahe yang sudah digeprek(digepengkan) dan 200 gram gula merah dengan 1 setengan gelas air. Tunggu hingga gula merah terlarut dan bersisa 1 gelas air. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari sampai batuk berdahakmu lekas sembuh.

4. Kencur

 


Kencur yang merupakan salah satu tanaman apotik hidup ini mengandung berbagai macam zat yang dapat meyehatkan tubuh. Karena sifatnya yang menghangatkan teggorokan, kencur bisa digunakan untuk mengobati sakit batuk berdahakmu.

Cara membuat obat tradisional berbahan kencur yang praktis adalah pertama cucilah 1 rimpangan kencur sampai bersih. Parutlah kencur tersebut, kemudian tambahkan 2 sendok air matang dan garam secukupnya. Saringlah hasil parutan tadi dan ambil airnya. Minumlah airnya secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari.

5. Buah Mengkudu


mengkudu adalah salah satu obat batuk berdahak yang paling ampuh

Dengan Mengkonsumsi buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan batuk berdahak. Zat anti bakteri dari buah ini dapat meredakan rasa gatal dan dapat membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan.

Rebuslah 2 buah mengkudu masak yang dicampurkan setengah daun bujanggut bersamaan dengan 2 gelas air. Tunggulah sampai tersisa 1 gelas saja. Saring airnya, kemudian minumlah secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

6. Madu


madu adalah obat batuk berdahak yang disukai anak-anak

Sudah banyak yang tahu bahwa madu adalah penawar paling mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk batuk berdahak. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa dengan meminum 1 sendok madu sebelum tidur malam dapat meredakan intensitas batuk. Kandungan Dekstrometorfan (DM) pada madu inilah yang dapat menyembuhkan batuk berdahak.


Ramuan yang berbahan madu ini biasanya dapat dikombinasikan dengan segelas air jahe yang telah dihangatkan. Cara membuatnya adalah, geprek (gepengkan) terlebih dahulu setengah rimpangan jahe, kemudian rebuslah dengan 1 gelas air. Setelah air jahe masak, tambahkan 1 sendok madu. Minumlah herbal alami ini 2 kali sehari hingga batuk berdahakmu mereda.

7. Daun Mint


daun mint sebagai obat btuk berdahak

Di beberapa negara di eropa mengakui bahwa daun mint sangat ampuh mengobati batuk berdahak. Daun mint ini ternyata mengandung zat yang mampu merileksasikan ileal dan trakeal, dan dapat megurangi peradangan.

Kamu dapat membuat teh mint dengan cara menyeduh 2 sendok teh daun mint dengan segelas air yang mendidih selama 5 menit. Kemudian saring dan ambil airnya, dan kamu pun dapat menambahkan madu untuk memperkaya manfaatnya.

Terimakasih sahabat kepo yang telah membaca artikel ini. Semoga dengan membaca artikel ini teman-teman dapat mempraktikkan tips ini dan dapat mengurangi batuk berdahak kalian.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
arena lfc
AUTHOR
30 Mei 2016 19.40 delete

Infonya bermafaat banget bro

Reply
avatar