Penyebab yang Membuat Salad Rasanya Menjadi Tidak Enak

Salad, pasti sahabat KEPO sudah tahu makanan sehat ini. Makanan yang berisi berbagai jenis sayuran maupun buah-buahan yang berasal dari barat ini memang cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet atau pola hidup sehat.

Namun, masih banyak yang keliru bagaimana cara meracik salad yang benar. Sehingga bukannya menyehatkan, tapi malah membuat salad tersebut menjadi tidak enak bahkan berkalori tinggi.

apa yang menyebabkan salad tidak enak

Tentunya kita pun tidak boleh sembarangan mencampurkan bumbu untuk salad seenaknya, tujuannya adalah agar salad menjadi lebih enak dan memberikan efek kesehatan yang didapatkan dapat lebih maksimal. Nah, untuk itu di artikel ini Si KEPO akan berbagi beberapa kekeliruan yang sering dilakukan yang malah dianggap sepele oleh sebagian orang.

Kenapa Salad Rasanya Tidak Enak?


1. Tidak Mengeringkan Sayur

Mencuci sayuran seperti sawi, kol dan sebagainya memang sangat dianjurkan untuk menghilangkan kotorannya. Namun, ada saja orang yang setelah meniriskannya langsung diolah begitu saja. Ada baiknya sahabat KEPO untuk mengeringkannya dengan tissue hingga airnya meresap. Sebab, jika tidak dikeringkan sisa-sisa air sering membuat salad tersebut menjadi lembek dan benyek.

2. Asal Mencampur Bahan

Jangan mentang-mentang salad, semua bahan yang berkaitan dengan sayuran dan buah-buahan yang tersedia di dapur langsung dicampurkan begitu saja. Ada baiknya sahabat KEPO mengkombinasikan sekitar tiga atau secukupnya daun selada, satu jenis topping saus salad, dan satu jenis protein.

Sebaiknya dikombinasikan dua hingga tiga jenis daun selada, satu jenis protein, satu atau dua jenis topping dan saus. Atau sahabat KEPO juga bisa mengkombinasikan brokoli, tomat yang dipotong kotak, sebutir telur rebus matang, ditambah topping saus salad atau mayonais, tergantung seleramu.

3. Tidak Diberi Bumbu

Jika sahabat KEPO biasa membeli saus salad botolan, bisanya saus tersebut sudah dibumbui garam mecerica, sehingga kamu tidak perlu membumbuinya lagi. Tapi, kalau kalian menggunakan mayones, minyak zaitun, atau dari bahan-bahan dasar lainnya, tambahkanlah garam atau lada secukupnya agar rasanya enak. Karena tidak jarang banyak orang yang tidak menambahkan bumbu, sehingga rasanya menjadi hambar.

4. Berlebihan Memberikan Saus

Sausa salad memmang membuat salad menjadi lezat. Akan tetapi, jumlahnya harus disesuaikan dengan salad tersebut. Untuk mendapatkan cita rasa yang pas, hendaknya tuangkan dua sendok makan atau secukupnya untuk seporsi salad.

5. Saus Langsung Diaduk

jika sahabat KEPO ingin memakannya langsung, kamu bisa menunangkan sausnya langsung kemudian mengaduknya. Namun, bila kamu ingin menyajikannya beberapa jam kemudian, alangkah lebih baik untuk tidak mengaduknya terlebih dahulu. Karena akan menyebabkan salad jadi lembek dan berair, sehingga salad akan menjadi kurang renyah dan enak ketika disantap.

Previous
Next Post »